Jumat, 16 Mei 2014

Penggunaan kata Kami dan Aku (Allah Swt)

Mengapa Allah sekali - sekali menggunakan kata aku dan kami ?

Jawab:
Kata aku digunakan allah untuk dirinya sendiri bahwa Allah lah yang maha kuasa dan tidak ada unsur lain. maknanya menunjukkan kekuatan-Nya yang Maha Dahsyat. tidak ada makhluk satupun yang dapat menyamai Nya..

Contohnya pada surat Al Hijr Ayat 49 yaitu:
نَبِّئْ عِبَادِي أَنِّي أَنَا الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
"Kabarkanlah kepada hamba-hamba-Ku, bahwa sesungguhnya Aku-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, "

dari surat di atas Allah mengatakan bahwa Allah yang maha pengampun lagi maha penyanyang, kata Aku tersebut ditujukan untuk Allah sendiri.

kata kami ditujukan Allah untuk kerajaan Allah yaitu para Nabi dan Malaikat-malaikat Allah .
Penggunaan kata ‘Kami’ di dalam Al-Quran itu digunakan bahwa Allah SWT tidak bertindak atau bekerja sendiri, tetapi melainkan bersama atau menyuruh utusan-utusanNya yaitu para Malaikat, para Nabi dan Rasul, dan makhluk hidup lainnya yang Allah Swt ciptakan sendiri.”

contohnya pada surat Al Hijr ayat 41 yaitu:

وَالْأَرْضَ مَدَدْنَاهَا وَأَلْقَيْنَا فِيهَا رَوَاسِيَ وَأَنْبَتْنَا فِيهَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍ مَوْزُونٍ

"Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran."

dari surat di atas kata kami tersebut ditujukan Allah untuk para malaikat, para Nabi dan Rasul Allah. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman