Jumat, 16 Mei 2014

Semantik kelas X

SMA KELAS X
CERDAS BERBAHASA INDONESIA
Pengarang       : Engkos Kosasih
Penerbit           : Herlangga

Tata Cara Perkenalan Diri dalam Forum Resmi
Penggunaan Diksi
Diksi atau pilihan kata penting juga diperhatikan dalam pengenalan diri. Ketepatan diksi menjadikan informasi yang kita sampaikan lebih jelas dan berkesan.
Contoh:
Tepat
Tidak Tepat
a.       Terlebih dahulu saya akan memperkenalkan diri.
b.      Selain sekolah, saya mengikuti ekstrakurikuler teater dan pramuka.
c.       Saya pun aktif di OSIS sebagai humas
d.      Saya utusan dari SMAN 10 Semarang.
e.       Saya siswa kelas X-1.
a.       Terlebih dahulu aku akan memperkenalkan diri.
b.      Di samping sekolah, saya mengikuti ekstrakurikuler teater dan pramuka.
c.       Saya pun sibuk di OSIS sebagai humas.
d.      Saya duta dari SMAN 10 Semarang.
e.       Saya duduk di kelas X-1

Menggunakan Kata Ulang dalam Paragraf Narasi
Makna Kata Ulang
Kata ulang memiliki beberapa makna yaitu:
1.      Banyak tak tertentu/bermacam-macam
contoh:
lauk pauk
bebatuan
buah-buahan
pepohonan

2.      Menyerupai
contoh:
kuda-kudaan
kucing-kucingan
orang-orangan
robot-robotan

3.      Agak atau melemahkan sesuatu yang disebut pada kata dasar
Contoh:
Kehijau-hijauan
Keinggris-inggrisan
Sakit-sakitan

4.      Intensitas kualitatif
Contoh:
Keras-keras
Kuat-kuat
Segiat-giatnya
Setinggi-tingginya

5.      Intensitas kuantitatif
Contoh:
Bercakap-cakap
Berlari-lari
Manggut-manggut
Mengangguk-angguk

6.      Makna kolektif
Contoh:
Dua-dua
Empat-empat
Kedua-duanya
Ketiga-tiganya

7.      Kesalingan
Contoh:
Berpandang-pandangan
Bersalam-salaman
Pukul-pukulan
Tending menendang
Mengidentifikasi Unsur-unsur Bentuk Suatu Puisi yang Disampaikan Secara Lisan
Penggunaan Kata-kata Konotasi
Kata konotasi adalah kata yang bermakna tidak sebenarnya. Kata itu telah mengalami penambahan-penambahan, baik berdasarkan pengalaman, kesan, imajinasi dan sebagainya.
Perhatikan puisi ini!
 Hujan Bulan Juni
Karya Sapardi Djoko Damono

Tak ada yang lebih tabah
Dari hujan bulan Juni
Dirahasiakannya rintik rindunya
Kepada pohon berbunga itu
            Tak ada yang lebih bijak
            Dari hujan bulan Juni
            Dihapusnya jejak-jejak kakinya
            Yang ragu-ragu di jalan itu
Tak ada yang lebih arif
Dari hujan bulan Juni
Dibiarkannya yang tak terucap
Diserap akar pohon bunga itu

Makna konotasi dalam puisi tersebut adalah:
1.      Hujan
Makna dasar                : air yang turun dari langit
Makna tambahan         : perbuatan baik

2.      Rintik
Makna dasar                : titik percik air
Makna tambahan         : sesuatu yang kecil, namun banyak

3.      Pohon berbunga
Makna dasar                : pohon yang memiliki bunga
Makna tambahan         : kehidupan yang baik, yang menjanjikan

4.      Jejak-jejak kaki
Makna dasar                : tapak
Makna tambahan         : pengalaman hidup

5.      Jalan
Makna dasar                : tempat untuk melintas
Makna tambahan         : alur kehidupan

6.      Diserap
Makna dasar                : masuk ke dalam liang kecil
Makna tambahan         : dimanfaatkan

7.      Akar
Makna dasar                : bagian terbawah dari pohon
Makna tambahan         : awal kehidupan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman